Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jl. Desa Serang No. 1 Cimalaka Sumedang

Web Site

Desa Serang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum secara tidak langsung seperti Angkutan Umum Pedesaan Sumedang - Citimun dan Sumedang - Buahdua
  4. Dilewati Angkutan Umum secara tidak langsung seperti Angkutan Umum Perkotaan 01 dan 02

Desa Serang merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Cisarua. Jika dilihat dari pusat pemerintah Kecamatan Cimalak, posisinya juga berada di sebelah selatan dengan jarak sekitar satu kilometer.

Berdasarkan data Kecamatan Cimalaka dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Serang memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa madya. Secara topografis, wilayah Desa Serang berada di kawasan dengan bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 551 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara geografis, wilayah Desa Serang dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cimalaka di sebelah utara, Desa Kebonkalapa Kecamatan Cisarua di sebelah timur, Desa Kebonkalapa  Kecamatan Cisarua dan Desa Cimuja di sebelah selatan, serta Desa Galudra di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Serang terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun Sukaasih, Dusun Serang dan Dusun Malangbong. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak enam RW dan 14 RT.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Serang memiliki cakupan luas wilayah sebesar 146,8 hektar. Wilayah Desa Serang terbagi ke dalam beberapa jenis tata guna lahan atau peruntuhan wilayah yaitu sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk besarannya, wilayah Desa Serang yang diperuntukan sebagai lahan pertanian sebesar 70,4 hektar. Lahan pertanian tersebut terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Sebagian besar lahan pertanian di Desa Serang merupakan lahan pesawahan dengan komposisi seluas 60 hektar dibandingkan dengan lahan pertanian bukan pesawahan yang hanya mencakup wilayah seluas 10,4 hektar. Kemudian kawasan pemukiman (perumahan dan pekarangan) yang memiliki cakupan luas sebesar 65,3 hektar. Sisanya seluas 11,1 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Serang berada di perlintasan jalan yang menghubungkan Sumedang dengan Cimalaka, dengan lokasi tepat sebelum pusat pemerintahan Kecamatan Cimalaka. Bagian barat wilayahnya dibatasi aliran anak sungai. Topografisnya merupakan daerah dataran dengan bagian selatan sedikit lebih rendah dibandingkan dengan bagian utara. Tata guna lahan wilayah Desa Serang sebagian besar merupakan kawasan pesawahan yang membentang di sepanjang wilayah Desa Serang. Hanya sebagian kecil saja yang merupakan lahan perkebunan dan lahan pemukiman. Lahan pemukiman warga Desa Serang tidak terkonsentrasi di salah satu wilayah saja, sebarannya hampir merata.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Serang dihuni penduduk sebanyak 1.956 orang. Dengan komposisi sebanyak 973 orang berjenis kelamin lak-laki ditambahn 983 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 489 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Serang, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 1.331 orang.

Terkait mata pencaharian penduduknya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 sebagian besar penduduk Desa Serang bekerja di sektor perdagangan. Sektor perdagangan ini memiliki komposisi yang besar dan mendominasi sektor lainnya termasuk sektor pertanian. Walaupun sebagian besar wilayah Desa Serang merupakan kawasan pertanian berupa lahan pesawahan, namun untuk mata pencaharian penduduknya sektor pertanian masih kalah jumlah jika dibandingkan dengan sektor perdagangan, jasa, dan industri. Namun sektor pertanian masih lebih banyak jika dibandingkan sektor transportasi dan konstruksi.

Dengan luasan lahan pertanian yang mendominasi wilayah Desa Licin, peranan sektor pertanian tidak bisa disisihkan potensinya walaupun sebagian besar penduduknya tidak terjun langsung di sektor pertanian. Sektor pertanian di Desa Serang didukung oleh lahan pertanian yang subur terutama lahan pesawahannya. Sebagian besar lahan pesawahannya sudah mendapatkan sistem pengairan teknis. Tidak mengherankan jika lahan pesawahan di Desa Serang memiliki produktivitas yang bagus dalam menghasilkan produk utama berupa padi di samping produk sampingan berupa palawija seperti ubi kayu dan ubi jalar. Lahan pertanian lainnya menghasilkan produk berupa buah-buahan seperti alpukat, belimbing, durian, jambu biji dan mangga.

Berdasarkan sumber lainnya, di Desa Serang juga memiliki potensi di bidang peternakan terkait hewan ternak dari jenis sapi, kerbau, ayam kampung, bebek dan domba. Kemudian potensi perikanannya yaitu ikan bawal, mujair, mas, patin, nila dan gurame.

Tak ketinggalan juga sektor industrinya. Sebagian penduduk Desa Serang menggeluti sektor industri dari jenis industri kecil skala rumah tangga. Industrinya terkait pengolahan makanan menjadi makanan jadi yang bernilai lebih. Industri pengolahan makanan ini salah satunya adalah pengolahan ikan menjadi abon ikan. Kemudian yang lainnya bergerak dalam pengolahan ubi kayu menjadi keripik singkong.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Serang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 18 Juni 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang