Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan

Desa Pawenang merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinunggal. Letaknya di ujung barat wilayah kecamatan dan berbatasan dengan Kecamatan Wado. Jarak dengan ibu kota kecamatan sekitar 3 km. Desa Pawenang memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Secara topografis, wilayah Desa Pawenang memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran. Sementara ketinggian lokasi kantor desa sekitar 300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara administratif, Desa Pawenang terdiri atas 8 RW dan 28 RT. Dan secara geografis, wilayah Desa Pawenang dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Padajaya Kecamatan Wado di sebelah utara, Desa/Kecamatan Wado di sebelah baratnya, Desa Mulyajaya Kecamatan Wado di sebelah selatan, serta Desa Sirnasari, Desa Tarikolot dan Desa Mekarasih (Kecamatan Jatigede) di sebelah timurnya.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Jatinunggal tahun 2012, luas wilayah Desa Pawenang sebesar 189 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan, yaitu sebagai lahan pesawahan seluas 154,25 hektar, sebagai lahan pekarangan seluas 36,75 hektar, sebagai lahan ladang seluas 15,75 hektar, sebagai lahan perkebunan seluas 19,75 hektar dan sebagai lahan kehutanan seluas 28,75 hektar serta tanah pangangonan seluas 33,75 hektar.
Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Pawenang sebanyak 4.638 orang. Rinciannya adalah sebanyak 2.358 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.280 orang berjenis perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.551 KK. Kepadatan penduduknya sebesar 564 orang untuk tiap km persegi luas wilayah Desa Pawenang.

Mata pencaharian utama penduduk Desa Pawenang, berbanding lurus dengan penggunaan luas wilayah desa yang sebagian besar berfungsi sebagai lahan pertanian baik pertanian lahan basah maupun kahan kering. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani biasa maupun buruh tani. Produk utama pertaniannya adalah padi. Selain bergerak di bidang pertanian, ada juga yang bergerak di sektor perdagangan, sebagai karyawan/buruh dan berwirswasta.

(Dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Agustus 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang