Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Hamawang Desa Padaasih Kecamatan Conggeang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Padaasih merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Kecamatan Conggeang dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Paseh. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Conggeang lokasinya berada di bagian tenggara dengan jarak sekitar empat kilometer.

Berdasarkan data Kecamatan Conggeang dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Padaasih memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, wilayah Desa Padaasih berada di kawasan dengan bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 395 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Padaasih dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cibeureuyeuh, Desa Conggeang Wetan dan Desa Cacaban di sebelah utara, Desa Babakan Asem di sebelah timur, Desa Padanaan Kecamatan Paseh di sebelah selatan, serta Desa Cipamekar di sebelah baratnya. Secara administrasi, Desa Padaasih terbagi ke dalam tiga buah dusun yaitu Dusun I, Dusun II dan Dusun III. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangga masing-masing sebanyak tujuh RW dan 35 RT.

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Padaasih memiliki wilayah dengan luas total sebesar 931 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis tata guna lahan seperti sebagai lahan pertanian dan lahan bukan pertanian. Luas lahan pertanian di wilayah Desa Padaasih yaitu sebesar 717 hektar. Lahan pertaniannya berupa lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan pesawahan. Luas lahan pesawahan di Desa Padaasih sebesar 415 hektar. Dan lahan pertanian bukan pesawahannya memiliki luasan sebesar 302 hektar. Sisanya seluas 214 hektar dipergunakan untuk fungsi selain pertanian seperti kawasan pemukiman, lahan fasilitas umum dan lahan kehutanan.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Padaasih terletak di bagian selatan wilayah Kecamatan Conggeang. Wilayahnya tidak dilewati jalan utama seperti jalan kabupaten. Wilayah Desa Padaasih terletak di kawasan dengan kemiringan ke arah barat, dimana bagian baratnya memiliki ketinggian lebih tinggi dibandingkan bagian timurnya. Bagian utara juga lebih rendah karena berada di kawasan aliran anak sungai. Sebagian perbatasan bagian utara dan bagian selatan merupakan aliran anak sungai yang bermuara di sungai Cipelang. Tat guna lahan Desa Padaasih, sebagian besar dipergunakan sebagai lahan pertanian baik lahan pesawahan maupun lahan perkebunan. Lahan pesawahan dan bukan pesawahannya tersebat di seluruh wilayah desa. Kawasan pemukiman penduduk tersebar juga dari bagian barat daya ke bagian tengah sampai ke bagian timur.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Padaasih dihuni penduduk sebanyak 4.400 orang. Dengan komposisi sebanyak 2.167 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.233 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.654 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Padaasih, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 473 orang.

Terkait mata pencaharian penduduk desanya, belum didapatkan datanya. Namun demikian dengan tata guna lahan yang sebagian besar merupakan lahan pertanian, tidak bisa dipungkiri jika sektor pertanian menjadi salah satu mata pencaharian utama penduduknya.

Sektor pertanian di Desa Padaasih didukung oleh lahan pertanian yang subur. Lahan pesawahannya sebagian besar sudah menggunakan sistem pengairan irigasi. Hanya sebagian kecil saja lahan pesawahan yang belum menggunakan irigasi. Selain sektor pertanian, sebagian penduduk Desa Padaasih juga ada yang memelihara binatang ternak dari jenis sapi potong, kerbau, kuda, kambing, domba, dan beberapa jenis unggas seperti ayam buras, ayam ras pedaging, dan itik. Sektor industrinya juga ada yang terkait pengolahan makanan, pembuatan batu bata dan pengolahan kayu.

Terkait preastasinya, pada tahun 2015 Desa Padaasih mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai desa yang sadar akan hukum (Desa Sadar Hukum).

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 April 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang