Sekilas Kontak

Berdiri

15 November 2011

Alamat Lengkap

Jl. Cisumur - Nanggerang Nanjungwangi

Email

desa_nanjungwangi@yahoo.com

Web Site

Desa Nanjungwangi

Page Facebook

Desa Nanjungwangi

Akun Google+

Desa Nanjungwangi


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Nanjungwangi merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Surian. Lokasinya berada di ujung timur laut wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di sebelah utaranya dan Kecamatan Buahdua di sebelah timur. Untuk jarak dengan pusat Kecamatan Surian sekitar sebelas kilometer.

Berdasarkan sejarah perkembangannya, Desa Nanjungwangi merupakan sebuah desa pemekaran. Sebelum menjadi desa mandiri, wilayah Desa Nanjungwangi merupakan bagian dari wilayah Desa Tanjung dan termasuk wilayah Kecamatan Buahdua. Dikarenakan luasnya wilayah Desa Tanjung dan jumlah penduduknya serta untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, pada tahun 2011 Desa Tanjung dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Tanjung sebagai desa induk dan Desa Nanjungwangi sebegai desa pemekaran. Pemekaran wilayah Desa Tanjung ini berdasarkan pada Paraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Pembentukan Desa-desa Baru Hasil Pemekaran Desa tahun 2011 di Kabupaten Sumedang tertanggal 22 Desember 2011.

Hasil pemekaran Desa Tanjung ini, wilayah Desa Nanjungwangi berada di bagian timur bekas wilayah desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Surian dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Nanjungwangi memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Nanjungwangi berada di kawasan dengan bentuk bentang permukaan lahan berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 148 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Nanjungwangi dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Kabupaten Indramayu di sebelah utara, Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua di sebelah timur, Desa Surian di sebelah selatan, serta Desa Tanjung di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Nanjungwangi terbagi ke dalam dua wilayah dusun yaitu Dusun Nanjung dan Dusun Nangerang. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak dua RW dan delapan RT.

Untuk luas wilayahnya, di sumber yang sama tidak disebutkan datanya dikarenakan masih bersatu dengan data desa induk. Data luas wilayah bisa dilihat di web Desa Nanjungwangi, dimana Desa ini memiliki wilayah dengan luas total sebesar 925,75 hektar. Dari luas wilayah tersebut, sebagian besar alokasinya merupakan lahan kehutanan negara kemudian disusul dengan lahan hutan rakyat dan lahan pertanian. Lahan hutan negara yang berada di wilayah Desa Nanjungwangi seluas 610,25 hektar. Kemudian lahan hutan rakyat dan lahan pemukiman mencakup wilayah seluas 250 hektar. Kemudian lahan pertaniannya memiliki luasan sebesar 65,5 hektar dengan komposisi lahan pesawahannya seluas 32,75 hektar dan lahan pertanian bukan pesawahan seluas 32,75 hektar.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, wilayah Desa Nanjungwangi berada di bagian timur laut wilayah Kecamatan Surian. Bagian selatan dan timurnya dibatasi oleh aliran anak Sungai Cikandung. Kontur wilayahnya didominasi oleh lahan berupa dataran. Wilayah Desa Nanjungwangi didominasi oleh lahan menghijau yang merupakan lahan kehutanan. Di beberapa tempat terdapat lahan pesawahan namun dengan komposisi tidak terlalu besar. Begitu juga dengan lahan pemukiman penduduk, dengan jumlah dusun dua buah dan letaknya berjauhan, hanya sedikit jika dibandingkan dengan luasan wilayah Desa Nanjungwangi secara keseluruhan.

Untuk jumlah penduduknya, sebagaimana disebutkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Nanjungwangi dihuni penduduk sebanyak 899 jiwa. Dengan komposisi sebanyak 464 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 435 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 292 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Nanjungwangi, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 97 orang.

Sementara terkait data mata pencaharian penduduknya, sumber utama tidak menyebutkan data rincinya dikarenakan datanya masih digabung dengan desa induk, Desa Tanjung. Namun menilik rincian mata pencaharian penduduk desa induk, mata pencaharian Desa Nanjungwangi juga tidak akan berbeda jauh dengan kondisi desa induknya. Sehingga sektor pertanian masih menjadi sektor yang menjadi pekerjaan utama penduduk Desa Nanjungwangi. Hal ini terkait dengan kondisi desa yang merupakan kawasan pertanian, walaupun tidak mengesampingkan sektor lainnya seperti sektor perdagangan, transportasi, konstruksi dan sektor lainnya.

Sektor pertanian di Desa Nanjungwangi didukung dengan lahan pertanian yang subur baik berupa lahan pesawahan maupun lahan perkebunan. Sebagian besar lahan pesawahannya masih berupa pesawahan tadah hujan yang mengandalkan pengairan dari air hujan.

(Sumber: BPS Kab. Sumedang dan Desa Nanjungwangi)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 23 November 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang