Sekilas Kontak

Berdiri

2011

Alamat Lengkap

Dusun Cikalung Desa Mekarwangi Kecamatan Tomo


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya Tomo - Jatigede
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Tomo - Jatigede

Desa Mekarwangi merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Tomo. Lokasinya di bagian selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Jatigede. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar 8 kilometer.

Desa Mekarwangi merupakan desa baru yang dibentuk setelah dilakukannya pemekaran Desa Darmawangi. Desa Darmawangi walaupun sudah dimekarkan menjadi Desa Darmawangi dan Desa Jembarwangi, namun luasan wilayahnya masih sangat luas. Dengan jumlah dusun yang banyaknya empat dusun, lokasinya cukup berjauhan. Ini berakibat pada proses pembangunan yang lambat. Sehingga pada tahun 2000 masyarakat Dusun Cikalung dan Dusun Warungbungur menggulirkan isu pemekaran desa. Kemudian baru pada akhir tahun 2009 masyarakat Cikalung dan Warungbungur menyampaikan proposal secara resmi.

Dan pada tahun 2011 keluarlah Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 16 tahun 2011 tentang Pembentukan Desa-desa Baru Hasil Pemekaran Desa tahun 2011 di Kabupaten Sumedang. Berdasarkan Perda ini, Desa Darmawangi dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Darmawangi dan Desa Mekarwangi. Dari hasil pemekaran ini, Desa Darmawangi hanya mencakup Dusun Darmawangi dan Dusun Cariang. Sementara Desa Mekarwangi mencakup wilayah Dusun Cikalung dan Dusun Warungbungur.

Berdasarkan data Potensi Kecamatan Tomo tahun 2013, Desa Mekarwangi memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarya. Secara topografis, Desa Mekarwangi memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 45 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Mekarwangi terbagi ke dalam dua dusun yaitu Dusun Cikalung dan Dusun Warungbungur. Sementara juga Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah 5 RW dan 13 RT. Secara geografis, Desa Mekarwangi dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Desa Karyamukti di sebelah utara, Desa Darmawangi di sebelah timur, Desa Jembarwangi dan Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede di sebelah selatan serta Desa Cipeles di sebelah baratnya.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Mekarwangi memiliki luas wilayah sebesar 266,48 hektar. Dengan rincian penggunaan lahannya sebagai berikut: sebagai lahan pesawahan seluas 94 hektar, sebagai lahan pertanian kering yaitu ladang, huma dan perkebunan seluas 49 hektar, sebagai lahan perumahan dan pekarangan seluas 30 hektar. Sisanya seluas 109,15 hektar berupa lahan kehutanan dan 44,33 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Mekarwangi pada tahun 2013 sebanyak 5.699 orang. Dengan rincian sebanyak 2.877 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.822 orang berjenis kelamin perempuan.

Sebagaimana desa induknya (Desa Darmawangi), Desa Mekarwangi memiliki potensi di bidang pertanian terutama yang menghasilkan mangga Gedong Gincu. Desa Mekarwangi merupakan salah satu desa di Kecamatan Tomo yang menjadi penghasil mangga Gedong Gincu.

(Sumber: dari berbagai sumber ternasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 19 April 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang