Sekilas Kontak

Berdiri

3 September 1983

Alamat Lengkap

Jl. Cigodeg No. 51 Kode Pos 45371

Nomor Handphone

0813-9539-0777

Email

mekarmulyasituraja@gmail.com

Web Site

Desa Mekarmulya

Akun Twitter

@mekarmulya_jaya

Akun Facebook

Mekarmulya Situraja

Page Facebook

Mekarmulya Situraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum
  4. Bisa diakses dari Alun-alun atau Pasar Situraja ke arah selatan dengan jarak sekitar 1,5 km. Bisa menggunakan angkutan ojeg

Desa Mekarmulya merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian tengah wilayah Kecamatan Situraja. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Situraja, posisinya berada di sebelah selatan dengan jarak sekitar 1,5 kilometer.

Pada awalnya Desa Mekarmulya merupakan bagian dari Desa Cikadu. Kemudian karena pertumbuhan penduduk yang semakin cepat dan adanya dorongan dari sebagian masyarakat untuk melakukan pemekaran desa, Desa Cikadu dimekarkan menjadi dua desa. Pada tanggal 3 September 1983 Desa Cikadu resmi dimekarkan menjadi dua yaitu Desa Cikadu dan Desa Mekarmulya. Paska pemekaran desa ini, Desa Mekarmulya memiliki wilayah di bagian utara bekas wilayah desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Situraja dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Mekarmulya memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, Desa Mekarmulya memiliki wilayah dengan bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada pada 359 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Mekarmulya dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Situraja di sebelah utara, Desa Cijati di sebelah timur, Desa Cikadu di sebelah selatan serta Desa Cijeler dan Desa Ambit di sebelah baratnya. Dan secara administratif, Desa Mekarmulya terbagi ke dalam empat wilayah Rukun Warga (RW) dan 16 Rukun Tetangga (RT).

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Mekarmulya memiliki luas wilayah sebesar 200 hektar. Namun untuk tata guna lahannya, tidak tersedia datanya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, Desa Mekarmulya berada di sebelah selatan pusat Kecamatan Situraja. Wilayah ini menjadi akses bagi wilayah desa lainnya yang berada di Kecamatan Situraja bagian selatan. Secara topografis, wilayahnya berada di kawasan dataran. Sementara tata guna lahannya, wilayah Desa Mulyamekar didominasi oleh lahan pertanian, terutama lahan pesawahan. Lahan pesawahannya tersebar di bagian timur dan bagian barat wilayah desa, sementara bagian tengahnya memanjang dari ujung utara ke ujung selatan merupakan kawasan pemukiman sepanjang jalan yang menghubungkan pusat Kecamatan Situraja dengan wilayah selatan. Di bagian barat, diantara pesawahan terdapat lahan perkebunan.

Dan terkait jumlah penduduknya, pada tahun 2013 Desa Mekarmulya dihuni penduduk dengan jumlah sebanyak 2.787 orang. Rinciannya adalah sebanyak 1.414 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.373 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 902 KK. Sementara kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayah Desa Mekarmulya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 1.393,5 orang.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 22 Maret 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang