Sekilas Kontak

Berdiri

22 Januari 1983

Alamat Lengkap

Jalan Maruyung No. 83 Sumedang

Web Site

Desa Kutamandiri

Akun Twitter

@kutamandiri

Page Facebook

Pemerintah Desa Kutamandiri


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan umum
  4. Bisa menggunakan Angkutan Umum Sumedang - Cileunyi dilanjut. Turun di pertigaan dekat Bengkel Army Motor. Kemduian dilanjut dengan jalan kaki atau naik ojek ke Maruyung

Desa Kutamandiri merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari. Lokaasinya berada di bagian barat daya wilayah Kecamatan Tanjungsari dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Sukasari di sebelah barat dan utara. Sementara bagian timurnya dibatasi oleh jalan raya Bandung - Sumedang. Jika dilihat dari pusat Kecamatan Tanjungsari, Desa Kutamandiri terletak di sebelah barat daya dengan jarak sekitar dua kilometer.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Kutamandiri merupakan sebuah desa pemekaran. Pada awalnya, wilayah Desa Kutamandiri merupakan bagian dari wilayah Desa Margaluyu bersama Desa Sukarapih. Pada tahun 1983, Desa Margaluyu dimekarkan menjadi tiga desa yaitu Desa Margaluyu, Desa Kutamandiri dan Desa Sukarapih. Alasan pemekaran Desa Margaluyu ini terkait wilayah yang sangat luas dan banyaknya jumlah penduduk Desa Margaluyu yang sudah mencukupi untuk dilakukan pemekaran wilayah desa. Pemekaran wilayah Desa Margaluyu ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kabupaten Sumedang dengan Nomor 140/SK/SK.19.PEM/1983 tertanggal 22 Januari 1983. Setelah pemekaran ini, Desa Kutamandiri memiliki cakupan wilayah di bagian selatan bekas wilayah desa induk.

Berdasarkan data Kecamatan Tanjungsari dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Kutamandiri memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Kutamandiri didominasi oleh lahan berupa dataran dengan ketinggian dimana kantor desa berada pada 818 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Kutamandiri dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari di sebelah utara, Desa Jatisari dan Desa Cinanjung di sebelah timur, Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor di sebelah selatan serta Desa Cileles dan Desa Cilayung (keduanya berada di wilayah Kecamatan Jatinangor) di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Kutamandiri terbagi ke dalam 15 Rukun Warga (RW) dan 43 Rukun Tetangga (RT).

Untuk luas wilayahnya, sebagaimana disebutkan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Kutamandiri memiliki luas wilayah total sebesar 186,7 hektar. Luas wilayahnya tersebut terbagi setidaknya menjadi tiga jenis tata guna lahan yaitu lahan pesawahan, lahan pertanian bukan pesawahan dan lahan bukan pertanian. Untuk wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pesawahan memiliki luasan sebesar 58,7 hektar. Sementara luas lahan pertanian yang bukan pesawahan (seperti lahan perkebunan, ladang dan huma) mencakup wilayah seluas 71,6 hektar. Sisanya seluas 56,4 hektar dipergunakan untuk penggunaan lainnya seperti lahan pemukiman, fasilitas umum dan yang lainnya.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, Desa Kutamandiri memiliki wilayah di perbatasan Kecamatan Tanjungsari dengan Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Sukasari. Sebagai tanda perbatasan wilayahnya menggunakan aliran hulu sungai Cikeruh yang membentang dari bagian utara ke barat sampai bagian barat daya. Bagian timur wilayah Desa Kutamandiri dibatasi oleh jalur jalan utama yang menghubungkan Bandung - Sumedang. Untuk topografinya, wilayah Desa Kutamandiri utamanya merupakan dataran dengan sisi utara, barat dan selatan memiliki ketinggian lebih rendah karena terdapat aliran sungai jika dibandingkan dengan bagian timurnya. Untuk tata guna lahannya, bagian barat merupakan lahan pertanian berupa lahan pesawahan. Sementara bagian timurnya, dari utara sampai ke selatan didominasi oleh lahan pemukiman mengikuti jalur jalan propinsi. Bagian tengahnya juga didominasi oleh lahan pemukiman sampai ke ujung timur laut.

Terkait penduduknya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Kutamandiri dihuni penduduk sebanyak 9.232 orang. Rinciannya adalah sebagai berikut, sebanyak 4.808 orang berjenis kelamin laki-laki dan 4.424 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 2.029 KK. Sementara kepadatan penduduk Desa Kutamandiri, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk rata-rata sebanyak 4.937 orang.

Untuk mata pencaharian penduduknya, sebagian besar penduduk Desa Kutamandiri memiliki mata pencaharian di sektor pertanian. Sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, sektor pertanian mendominasi pekerjaan penduduk Desa Kutamandiri, baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja sebagai karyawan atau buruh, sebagai pedagang dan wiraswasta. Dan sisanya bekerja sebagai pegawai negeri sipil atau militer.

Sektor pertanian di Desa Kutamandiri didukung oleh lahan pertanian berupa lahan pesawahan dan lahan ladang. Lahan pesawahannya lebih luas dibandingkan dengan lahan pertanian bukan pesawahan. Lahan pesawahannya masih menggunakan sistem pengairan setengah teknis, namun demikian lahan pesawahannya memiliki produktivitas yang cukup baik jika dibandingan dengan produktivitas lahan pesawahan desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari dalam hal menghasilkan produk utama berupa padi. Selain padi, dihasilkan juga berbagai jenis palawija seperti jagung hibrida, ubi kayu, kacang tanah, dan ubi jalar. Kemudian lahan perkebunannya menghasilkan produk berupa buah-buahan seperti alpukat, belimbing, dukuh, durian, jambu air, jambu biji, jeruk, mangga, sirsak, rambutan, sawo, melinjo, petai, pepaya, pisang, dan nangka. Tak ketinggalan juga produk pertanian dari jenis sayuran seperti bawang daun, petsai, kacang panjang, cabai, tomat, buncis, kangkung, kacang merah dan terung.

Selain pertanian ada juga penduduk yang menggeluti bidang perikanan dan peternakan. Perikanan di Desa Kutamandiri dari jenis ikan nila, sementara peternakannya adalah hewan sapi potong, sapi perah, kerbau, kuda, kambing, domba, dan berbagai jenis unggas seperti ayam ras broiler, ayam kampung serta itik. Sektor industri kecil skala rumah tangga yang digeluti penduduk Desa Kutamandiri adalah dari jenis pengolahan makanan, pengolahan kayu, anyaman, batu bata dan pengolahan logam.

(Sumber: BPS Kab. Sumedang dan KutamandiriSumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 Maret 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang