Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Karang Pakuan Kecamatan Darmaraja


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum

Desa Karang Pakuan merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Darmaraja. Lokasinya berada di bagian barat daya wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Cisitu. Letaknya berada di sebelah utara pusat kecamatan. Sementara jarak dengan pusat kecamatan sekitar 5 kilometer.

Pada awalnya, Desa Karang Pakuan merupakan bagian dari wilayah Desa Cipaku. Namun kemudian berdiri sendiri setelah dilakukan pemekaran desa dari Desa Cipaku menjadi tiga desa yaitu Desa Cipaku, Desa Paku Alam dan Desa Karang Pakuan. Sebagai wilayah yang berdekatan dengan wilayah hulu bendungan Jatigede, sebagian wilayah Desa Karang Pakuan merupakan daerah genangan bendungan Jatigede. Dan dengan adanya penggenangan bendungan Jatigede, sebagian wilayah Desa Karang Pakuan sudah tergenang.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2013, Desa Karang Pakuan memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Dan berdasarkan data Potensi Kecamatan Darmaraja, secara topografi, Desa Karang Pakuan memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 286 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Karang Pakuan dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cisitu Kecamatan Cisitu, Desa Paku Alam di sebelah utara, Desa Paku Alam dan Desa Cipaku di sebelah timur, Desa Tarunajaya dan Desa Cikeusi di sebelah selatan, Desa Cinangsi dan Desa Situmekar (keduanya berada di Kecamatan Cisitu) di sebelah baratnya. Dan secara adminstratif, Desa Karang Pakuan terdiri atas 4 RW dan 26 RT.

Berdasarkan data Potensi Desa tahun 2014, jumlah penduduk Desa Karang Pakuan pada tahun 2013 sebanyak 3.596 orang. Rinciannya sebanyak 1.814 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah sebanyak 1.782 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah keluarganya sebanyak 262 keluarga.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, berdasarkan data Potensi Kecamatan Darmaraja tahun 2013, sebagian besar penduduk Desa Karang Pakuan bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Disusul kemudian oleh sektor jasa, perdagangan, transportasi, konstruksi dan jasa. Sektor pertanian Desa Karang Pakuan menghasilkan produk berupa padi yang dihasilkan oleh lahan pesawahan yang sudah menggunakan sistem irigasi teknis. Selain padi, lahan pertanian di Desa Karang Pakuan juga menghasilkan produk berupa jagung, ubi kayu, kedelai, kacang hijau, ubi jalar, dan kacang tanah. Kemudian sektor industri rumahan yang berada di Desa Karang berkaitan dengan industri pengolahan makanan dan pengolahan kayu.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 05 April 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang