Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Bakom Desa Jemah Kecamatan Jatigede

Akun Facebook

Desa Jemah


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat

Desa Jemah merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatigede. Lokasinya berada di sebelah selatan ibu kota kecamatan dengan jarak sekitar 3 km. Desa Jemah memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swadaya mula.

Secara topografis, Desa Jemah memiliki bentuk bentang permukaan tanah sebagian besar berupa lereng. Ketinggian wilayah tempat beradanya kantor desa sekitar 324 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Jemah memiliki jumlah Rukun Warga sebanyak 4 RW dan 12 RT. Secara geografis, wilayah Desa Jemah dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Pajagan Kecamatan Cisitu, Desa Cijeungjing dan Desa Cipicung di sebelah utara, Desa Paku Alam dan Desa Cipaku (keduanya berada di wilayah Kecamatan Darmaraja) di sebelah barat, Desa Sukakersa dan Desa Ciranggem di sebelah selatan, serta Desa Cisampih dan Desa Cipicung di sebelah timurnya.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Sumedang tentang Kecamatan Jatigede dalam Angka tahun 2014, luas wilayah Desa Jemah seluas 1.445,84 hektar. Luas wilayah Desa Jemah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan, yaitu sebagai lahan pesawahan sebesar 10,03% atau sekitar 145,03 hektar, sebagai lahan pertanian lahan kering seperti kebun/ladang dan huma sebesar 4,5% atau sekitar 65,06 hektar, sebagai lahan pekarangan sebesar 0,35% atau sekitar 5,06 hektar. Sisanya sebesar 85,13% atau sekitar 1.230,84 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti lahan hutan dan tegalan.

Berdasarkan data Pendataan Potensi Desa Tahun 2014, jumlah penduduk Desa Jemah pada tahun 2013 sebanyak 1.821 orang. Rinciannya sebanyak 909 penduduk laki-laki ditambah dengan 912 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 615 KK. Kepadatan penduduk Desa Jemah sebesar 125,95 orang untuk tiap km luas wilayahnya.

Ketika bendungan Jatigede diairi, sebagian besar wilayah Desa Jemah yang lokasinya berada di dataran dekat dengan Sungai Cimanuk akan ikut terendam.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 02 September 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang