Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Legok - Conggeang Km 4,5 Desa Jambu


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya Legok - Conggeang
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat

Desa Jambu merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. Lokasinya berada di sebalah barat daya ibu kota kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Cimalaka. Jaraknya sekitar 5 km. Desa Jambu berstatus sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Secara administrasi, Desa Jambu dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Narimbang di sebelah utara, Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka di sebelah barat, Desa Paseh Kaler Kecamatan Paseh di sebelah selatan dan Desa Cipamekar di sebelah timur. Secara topografi, wilayah Desa Conggeang berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, sementara bentuk permukaan wilayahnya berupa dataran. Wilayah Desa Conggeang berada di kaki gunung Tampomas sebelah timur.

Berdasarkan data BPS tentang Pendataan Potensi Desa tahun 2014, luas wilayah Desa Jambu sebesar 2,04 km persegi. Luas wilayah desanya terbagi ke dalam peruntukan sebagai lahan pertanian yang bukan pesawahan 1,17 km persegi dan lahan bukan untuk pertanian seluas 0,87 km persegi. Perlu dicatat bahwa di wilayah Desa Jambu tidak terdapat lahan pesawahan. Sebagian besar lahan yang ada di Desa Jambu merupakan tanah perkebunan yang status kepemilikannya adalah milik negara seluas 0,7 km persegi. Tanah perkebunan di Desa Jambu dikenal dengan tanah pangangonan. Masyarakat tidak dapat memiliki tanah penganonan tersebut, melainkan hanya diperbolehkan menggarap tanah tersebut dengan mendapatkan Hak Guna Pakai. Sebagian besar lahan perkebunan dimanfaatkan untuk budidaya Salak, dan terdapat sebagian kecilnya perkebunan Melinjo.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Jambu sebanyak 2.982 jiwa dengan rincian sebanyak 1.209 orang berjenis kelamin laki-laki dan 1.773 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 789 KK dengan kepada penduduk sebesar 1.462 jiwa untuk tiap km persegi wilayah Desa Jambu.

Mata pencaharian penduduk Desa Jambu terdiri dari sektor peternakan, kehutanan, pertambangan galian C, sektor perdagangan, sektor jasa, dan sektor industri kecil serta kerajinan rumah tangga. Sektor pertanian didominasi oleh pertanian lahan kering berupa perkebunan dengan komoditasnya buah-buahan. Perkebunan di Desa Jambu menghasilkan produk utama salak. Disamping itu ada juga yang menghasilkan buah mangga, markisa, kepala, dan melinjo.

Hasil hutan yang diusahakan oleh penduduk Desa Jambu diantaranya adalah madu lebah, bambu, cemara, dan didominasi oleh kayu. Sementara sektor peternakan, jenis ternak yang terdapat di Desa Jambu adalah sapi, ayam kampung, kambing dan domba.

(Sumber KKNM Unpad 2011 dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Juni 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang