Sekilas Kontak

Berdiri

1980

Alamat Lengkap

Jln. Cipulus No. 01 Ds. Conggeang Wetan Kec. Conggeang Kab. Sumedang 45391


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi dekat Alun-alun Conggeang
  2. Bisa diakses dengan berbagai jenis kendaraan angkutan

Sebuah desa yang berada di Kecamatan Conggeang yang memiliki status pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa. Lokasinya berada dekat dengan pusat kota Kecamatan Conggeang. Desa Conggeng Wetan dibentuk pada tahun 1980 yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Conggeang yang menjadi tiga desa yaitu Desa Conggeang Wetan, Conggeang Kulon, dan Desa Ungkal.

Berdasarkan data Desa tahun 2013, Desa Conggeang Wetan mempunyai luas wilayah 2,33 km persegi, dengan alokasi seluas 1,65 km persegi digunakan sebagai lahan pertanian pesawahan, 0,48 km persegi sebagai lahan pertanian bukan pesawahan ditambah 0,2 km persegi yang digunakan sebagai lahan bukan pertanian. Melihat topografinya, wilayah Desa Conggeang Wetan memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian 357 meter di atas permukaan laut.

Secara geografis, wilayah Desa Conggeang Wetan berbatasan langsung dengan wilayah Desa Cacaban di sebelah utara, Desa Cibeureuyeuh di sebelah selatan, Desa Conggeang Kulon di sebelah barat dan Desa Babakan Asem di sebelah timur.

Jumlah penduduk Desa Conggeang Wetan berdasarkan Registrasi Penduduk Kecamatan Conggeang 2013 sebanyak 2.007 orang dengan rincian 999 orang penduduk laki-laki dan 1.008 orang penduduk perempuan. Jumlah kepala keluarga yang mendiaminya sebanyak 693 KK. Sementara kepadatan penduduk Desa Conggeang Wetan sebanyak 861 orang per km persegi.

Mata pencaharian penduduk Desa Conggeang Wetan sebagian besar sebagai petani. Dengan area pesawahan yang sangat luas dan tingkat kesuburan tanah yang bagus, wilayah Desa Conggeang Wetan merupakan areal pertanian yang produktif. Produk pertanian yang paling utama adalah padi yang dihasilkan lahan pesawahan. Selain menghadilkan padi ada juga perkebunan yang menghasilkan melinjo dan nilam. Selain bergerak di bidang pertanian, ada juga yang bergerak di bidang peternakan seperti ternak sapi, kambing dan domba serta ayam. Di bidang industri, ada juga yang bergerak di bidang industri khususnya industri pengolahan makanan dan minuman dengan skala kecil atau rumah tangga. Industri rumahan yang ada di Desa Conggeang Wetan diantaranya adalah industri opak, tempe, ranginang, rangining, emping, kerupuk, dan industri kecil rumahan yang lainnya.

Aspek wisata dan seni budaya, Desa Conggeang Wetan memiliki potensi wisata yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dengan potensi wisata di bidang perairan. Desa Conggeang Wetan memiliki potensi wisata air yang dikategorikan baik dengan adanya mata air Cinyusu dan Cipulus. Bahkan sumber mata air Cinyusu memilik tingkat sterilitas air yang sangat bagus. Menurut keterangan air dari mata air Cinyusu dapat diminum secara langsung karena memiliki kemurnian dan dapat diuji kebersihannya. Sementara mata air Cipulus sudah dibangun menjadi tempat wisata air yang menyediakan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Bidang seni budyaa, di Desa Conggeang Wetan terdapat seni tari Jaipong dan seni kuda renggong. Namun saat ini perkembangannya, khususnua tari Jaipong sudah jarang dipentaskan.

(Sumber dari KKNM Unpad 2011 dan 2012)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 10 Juni 2015

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang