Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan

Web Site

Desa Citengah


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Pedesaan Cipameungpeuk - Citengah

Desa Citengah merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di ujung selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan GaneasKecamatan Cimanggung, Kecamatan Situraja, Kecamatan Cibugel dan Kabupaten Garut. Jika dilihat dari pusat kecamatan, lokasinya berada di sebelah tenggara, dengan jarak orbitasi sekitar sebelas kilometer.

Berdasarkan data Kecamatan Sumedang Selatan dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumedang, pada tahun 2013 Desa Citengah memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya lanjut. Secara topografis, Desa Citengah memiliki wilayah dengan bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng perbukitan dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berlokasi sekitar 627 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Citengah dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Margamekar, Desa Cipancar dan Desa Cikondang Kecamatan Ganeas di sebelah utara, Desa Bangbayang Kecamatan Situraja di sebelah timur, Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel dan Kabupaten Garut di sebelah selatan, serta Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung dan Desa Margamekar di sebelah baratnya. Secara administratif, wilayah Desa Citengah terbagi ke dalam tiga Rukun Warga (RW) dan 10 Rukun Tetangga (RT).

Terkait luas wilayahnya, masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Citengah memiliki luas wilayah sebesar 3.406 hektar. Melihat luas wilayahnya, jika dibandingkan dengan luas wilayah desa lainnya yang berlokasi di Kecamatan Sumedang Selatan, Desa Citengah memiliki luas wilayah paling besar, mencapai 30,61 dari luas wilayah total kecamatan. Dari luas wilayah tersebut, terbagi ke dalam beberapa jenis penggunaan, utamanya sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Untuk lahan pertaniannya memiliki luasan sebesar 217 hektar yang terbagi lagi menjadi dua jenis lahan pertanian yaitu lahan pesawahan dan lahan bukan pesawahan. Untuk luas lahan pesawahannya mencakup wilayah seluas 92 hektar dan untuk non-pesawahan mecakup wilayah seluas 125 hektar. Seluas 1.960 hektar dipergunakan sebagai lahan pemukiman (perumahan dan pekarangan). Sisanya se51 hektar dipergunakan sebagai lahan lainnya seperti lahan fasilitas umum dan kehutanan.

Jika dilihat menggunakan Google Maps, Desa Citengah memiliki wilayah yang berbukit-bukit dengan ketinggian yang bervariasi. Wilayahnya dikelilingi oleh ketinggian perbukitan, termasuk di bagian tengahnya. Hanya di bagian utara saja yang memiliki celah berbentuk cekungan yang menjadi tempat mengalirnya Sungai Cihonje ke arah utara. Perbukitan di Desa Citengah didominasi oleh lahan kehutanan, sehingga tidak mengherankan jika bagian selatan sampai tengah sampai ke utara didominasi oleh lahan menghijau. Lahan selain kehutanan terletak di wilayah yang lebih rendah, terutama di bagian utara yang mengikuti aliran beberapa anak sungai yang bermuara di Sungai Cihonje. Di bagian timur, di antara lahan kehutanan terdapat lahan perkebunan teh yang dikenal dengan Margawindu dengan pemukiman penduduknya yang dikenal dengan nama Kampung Cisoka. Pemukiman penduduk sebagian besar berada di dataran rendah di bagian utara wilayah desa.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Citengah dihuni oleh penduduk sebanyak 1.474 orang. Dengan komposisi sebanyak 762 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 712 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 475 KK. Sementara untuk kepadatan penduduknya, untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya dihuni penduduk sebanyak 53 orang.

Terkait bidang seni budaya, di Desa Citengah masih terdapat seni budaya yang terpelihara. Salah satu kegiatan budaya yang masih ada di Desa Citengah adalah kegiatan Hajat Lembur. Hajat Lembur biasa diisi dengan berbagai jenis kegiatan seperti Ruwat Jagat, Pentas Seni, Ziarah Karuhun dan kegiatan lainnya. Untuk keseniannya ada juga yang dinamakan dengan Songah (Songsong Citengah). Di samping kesenian lainnya seperti Kecapi Suling.

Dan terakhir, sektor wisatanya. Desa Citengah merupakan sebuah desa dengan potensi wisata yang cukup banyak. Sebagian besar sudah dikelola dengan baik. Berbagai potensi wisata yang berlokasi di Desa Citengah diantaranya adalah wisata alam di Kebun Teh Margawindu, wisata air dengan adanya Curug Cigorobog dan Saung Cibingbin, kemudian ada juga Kampung Karuhun dengan Eco Green Park-nya. Selain itu ada juga wisata kuliner yang menyajikan berbagai menu makanan ikan segar dari kolam ikan deras yang berada di sekitar Desa Citengah.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 11 Januari 2017

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang