Sekilas Kontak

Berdiri

1847

Alamat Lengkap

Desa Cimungkal Kecamatan Wado

Page Facebook

Cimungkal Wado


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Cimungkal merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Wado. Lokasinya berada di ujung timur wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Garut. Posisinya berada di sebelah timur pusat kecamatan dengan jarak sekitar delapan kilometer.

Pada awalnya wilayah Desa Cimungkal mencakup wilayah Desa Cimungkal ditambah dengan wilayah Desa Ganjaresik. Desa Cimungkal sendiri mulai berdiri semenjak tahun 1847. Dikarenakan jumlah penduduk Desa Cimungkal mencapai 6.000 orang, sudah mencukupi untuk dilakukan pemekaran ditambah lagi luas wilayahnya yang besar. Dan pada tahun 1982 sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 112/OP/SK/BUP/1982 tanggal 1 Juni 1982, Desa Cimungkal dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cimungkal dan Desa Ganjaresik.

Berdasarkan data Pendataan Potensi Desa/Kelurahan tahun 2014, Desa Cimungkal memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, Desa Cimungkal memiliki bentang permukaan tanah berupa perbukitan dengan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 952 meter dari permukaan laut. Secara administratif, Desa Cimungkal terbagi ke dalam empat dusun yaitu Dusun Cangcang Hayam, Dusun Ciledug, Dusun Cilimus, Dusun Sukasirna dan Dusun Cicantung. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 8 RW dan 33 RT. Dan secara geografis, wilayah Desa Cimungkal dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Banjarsari dan Desa Kirisik (keduanya berada di Kecamatan Jatinunggal di sebelah utara, Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Garut di sebelah selatan, Desa Ganjaresik di sebelah baratnya.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cimungkal memiliki luas wilayah sebesar 15,5 kilometer persegi. Dengan luas wilayah tersebut, Desa Cimungkal didiami oleh penduduk sejumlah 4.474 orang. Dengan komposisi penduduk sebagai berikut: 2.233 orang berjenis kelamin laki-laki dan 2.241 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sendiri sebanyak 1.313 KK. Dan kepadatan penduduk Desa Cimungkal sebesar 120 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Dari sekian banyak penduduk yang mendiami wilayah Desa Cimungkal, berdasarkan data yang sama untuk tahun 2013, sebagian besar atau didominasi oleh penduduk yang bekerja di sektor jasa dan pertanian. Hanya sebagian kecil yang bergerak di bidang perdangan dan industri serta transportasi. Dengan luas lahan pertanian terutama lahan pesawahan yang mencapai 122 hektar, menghasilkam produksi utama berupa padi. Lahan pesawahan yang ada di Desa Cimungkal termasuk lahan pesawahan yang memiliki sistem pengairan sederhana dan tadah hujan. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian di Desa Cimungkal juga bisa menghasilkan produk berupa jagung, ubi kayu, kacang hijau, ubi jalar, dan kacang kacang tanah serta berbagai jenis buah-buahan. Sektor industri kecil atau rumahan juga ada di Desa Cimungkal. Jenisnya dari sektor industri pengolahan makanan, pengolahan kayu, genteng dan bata, serta anyaman.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang