Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di ujung jalan Dusun Cimuja
  2. Pada awalnya hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua saja. Namun setelah diperbaiki, sekarang bisa dilewati kendaran roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan Raya Cimuja no. 3 Desa Cimuja

Nomor Handphone

085220304738

Akun Facebook

Desa Cimuja Part II

Akun Google+

DESA CIMUJA


Lokasi

Desa Cimuja merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Lokasinya berada di bagian paling selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Sumedang Utara dan Kecamatan Cisarua. Wilayah Desa Cimuja berada di wilayah perlintasan jalan raya yang menghubungkan kota Sumedang dengan Cirebon.

Berdasarkan data Kecamatan Cimalaka dalam Angka tahun 2014, pada tahun 2013 Desa Cimuja memiliki status sebagai perkotaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya mula. Secara topografi, Desa Cimuja memiliki bentang permukaan tanah berupa dataran dengan ketinggian lokasi dimana kantor desa berada sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cimuja dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Galudra dan Desa Serang di sebelah utara, Desa Cisalak Kecamatan Cisarua di sebelah timur, Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, serta Desa Rancamulya dan Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara. Secara administratif, Desa Cimuja terbagi ke dalam tiga buah dusun yaitu Dusun Cimuja, Dusun Badama dan Dusun Pasanggrahan. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangga masing-masing sejumlah enam RW dan 15 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cimuja memiliki luas wilayah sebesar 158 hektar yang terletak di ujung selatan wilayah Kecamatan Cimalaka dan bagian selatannya dibatasi oleh aliran Sungai Cipeles. Jika dilihat mengggunakan Google Maps, sebagian besar wilayah Desa Cimuja merupakan lahan pertanian khususnya lahan pesawahan. Hanya sedikit yang berupa lahan perkebunan atau ladangnya. Sementara sebagian lainnya dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Sebagian besar lahan pemukiman warga Desa Cimuja praktis dikelilingi oleh lahan pesawahan. Terkait luas penggunaan lahannya, sebagaimana disajikan oleh sumber data yang sama, sebesar 49,7 hektar merupakan lahan pesawahan yang sudah menggunakan sistem pengairan irigasi teknis. Lahan perkebunannya seluas 14,3 hektar. Lahan seluas 78,8 hektar dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Sisanya seluas 15,2 hektar diperuntukan sebagai lahan lainnya seperti lahan fasilitas umum.

Untuk jumlah penduduknya, pada tahun 2013 Desa Cimuja dihuni oleh penduduk dengan jumlah 2.659 orang. Komposisinya adalah 1.357 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah sebanyak 1.302 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 665 KK. Kepadatan penduduk Desa Cimuja adalah sebanyak 1.663 orang menghuni tiap wilayah seluas satu kilometer persegi Desa Cimuja.

Terkait mata pencahariannya, walaupun sebagian besar alokasi lahan Desa Cimuja dipergunakan sebagai lahan pertanian, namun sektor pertanian bukanlah mata pencaharian utama sebagian besar penduduk Desa Cimuja. Sebagian besar penduduk Desa Cimuja bekerja di sektor perdagangan dan jasa, mengalahkan sektor pertanian. Kemudian urutan berikutnya adalah sektor pertanian dan transportasi serta industri dan konstruksi. Dengan lokasi yang tidak terlalu lauh dari pusat kota Sumedang sekitar satu kilometer ke arah timur laut, hal ini tidak mengherankan. Sebagian besar penduduk Desa Cimuja memiliki pekerjaan di wilayah perkotaan Sumedang.

Sektor pertanian di Desa Cimuja menghasilkan produk utama berupa padi yang dihasilkan lahan pesawahannya. Selain padi, lahan tersebut juga menghasilkan produk berupa palawija seperti ubi kayu. Sementara lahan perkebunannya menghasilkan berbagai jenis buah-buahan seperti alpukat, belimbing, durian, jambu biji dan mangga. Sektor industrinya adalah industri skala rumah tangga dalam hal pengolahan makanan.

(Sumber: KKNM Unpad dan BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 28 Oktober 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang