Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jln. Raya Buahdua No. 231

Web Site

Desa Cilangkap


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya Sumedang - Buahdua
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Sumedang - Buahdua

Desa Cilangkap merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Buahdua. Lokasinya berada di sebelah tenggara pusat Kecamatan Buahdua dengan jarak sekitar lima kilometer. Sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Tampomas bagian timur laut. Wilayah Desa Cilangkap dilalui jalur jalan kabupaten yang melingkari Gunung Tampomas.

Wilayah Desa Cilangkap merupakan daerah yang subur sehingga di wilayah ini ditumbuhi dengan pepohonan yang menghijau. Dahulu kala, di wilayah yang datar dan ditumbuhi pohon dan semak yang masih lebat ini, hiduplah sekelompok masyarakat rukun dan damai walau penduduk-penduduk masih dalam keadaan primitif. Banyak yang menyebutnya sebagai “Cilangkap”. Lama-kelamaan, daerah Cilangkap ini mulai ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di daerah ini. Ketenaran Cilangkap semakin meluas dengan adanya sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Tampomas. Air panas yang sangat mujarab untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Cerita tentang air panas ini semakin penyebar sehingga tidak sedikit orang ingin membuktikannya. Karena kegemparan cerita ini sehingga beritanya terdengar sampai ke telinga pejabat dan ingin membuktikan kebenarannya. Pada akhirnya Desa Cilangkap makin terkenal dengan air panas yang terletak di Dusun Cileungsing.

Berdasarkan data Profil Kecamatan Buahdua tahun 2013, Desa Cilangkap memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, Desa Cilangkap memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng. Dan ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 318 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cilangkap dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Cibubuan dan Desa Nagrak di sebelah utara, Desa Sekarwangi dan Desa Cibubuan di sebelah timur, Desa Cibitung dan Desa Sekarwangi serta Desa Narimbang Kecamatan Conggeang di sebelah selatan, serta Desa Nagrak dan Desa Cibitung di sebelah baratnya. Sementara secara administratif, Desa Cilangkap terbagi ke dalam empat wilayah dusun yaitu Dusun 1 (Dusun Peuntas), Dusun 2, Dusun 3 (Dusun Cigalagah Girang), dan Dusun 4 (Dusun Cigalagah Hilir). Sementara jumlah Rukun Warga da Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 7 RW dan 25 RT.

Berdasarkan data Profil Desa Se-Kecamatan Buahdua tahun 2013, luas total wilayah Desa Cilangkap sebesar 1.259 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa penggunaan seperti pertanian, pemukiman, kehutanan dan penggunaan lainnya. Luas wilayah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 1.221,99 hektar sementara sisanya seluas 37,1 hektar dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan ladang/huma. Luas lahan pesawahannya sendiri sebesar 134,96 hektar dan luas lahan ladang/huma sebesar 1.087,03 hektar.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 jumlah penduduk Desa Cilangkap sebanyak 2.674 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.280 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.394 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 976 KK. Sementara kepadatan penduduk Desa Cilangkap sebesar 212,39 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Cilangkap bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun sebagai buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor perdagangan, transportasi, konstruksi dan jasa. Sektor pertanian di Desa Cilangkap didominasi oleh lahan perkebunan. Namun demikian, hasil utama lahan pertanian di Desa Cilangkap berupa padi yang dihasilkan oleh lahan pesawahan, walaupun lahan pesawahannya sebagian besar masih menggunakan sistem pengairan non-teknis. Selain padi, lahan pertanian di Desa Cilangkap juga menghasilkan produk berupa ubi kayu, dan berbagai jenis buahd-buahan seperti alpukat, mangga, pisang dan petai.

Sektor pariwisata di Desa Cilangkap sudah maju. Terutama wisata air panas yang sudah dikelola dengan baik. Wisata air panas yang sudah dikelola adalah Wisata Air Panas Cileungsing yang banyak dikunjungi wisatawan bukan hanya dari lokal Sumedang saja namun dari luar Sumedang. Kemudian ada lagi wisata air Cigirang yang berupa kolam renang dengan suasana alam yang kaki Gunung Tampomas yang masih asri.

(Sumber: dari berbagai sumber temasuk BPS Kabupaten Sumedang dan KKNM Unpad)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 25 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang