Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Cikurubuk Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua

Web Site

Desa Cikurubuk

Akun Google+

Desa Cikurubuk


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Cimalaka - Hariang - Buahdua
  2. Dilewati Angkutan Umum Sumedang - Hariang
  3. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Desa Cikurubuk merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Buahdua. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Cimalaka dan Tanjungkerta. Tepatnya di sebelah barat laut kaki Gunung Tampomas. Posisinya dari pusat Kecamatan Buahdua berada di sebelah barat daya dengan jarak sekitar 6 kilometer.

Karena lokasinya berada di kaki Gunung Tampomas, tidak mengherankan jika di wilayah Desa Cikurubuk banyak ditemukan sumber mata air. Dan jika ditelusuri, nama Cikurubuk sendiri merupakan nama sebuah dusun yang menjadi nama desa. Pengambilan nama Cikurubuk berkaitan dengan asal kata Burukbuk yang mewakili suara dan kondidi air yang keluar dari mata air yang banyak ditemukan di wilayah ini. Berdasarkan data, Desa Cikurubuk memiliki sepuluh mata air yang tersebar di berbagai wilayah yaitu Mata Air Ciembutan, Mata Air Cijolang, Mata Air Solokan Leutik, Mata Air Sawah Cijolang, Mata Air Ingkar, Mata Air Cikurubuk, Mata Air Cijaha, Mata Air Ciakar, dan Mata Air Cigempol. Dengan berlimpahnya sumber mata air ini sangat potensi jika dikembangkan dalam berbagai bidang baik pertanian, perikanan maupun pariwisata.

Berdasarkan data Profil Kecamatan Buahdua tahun 2013, Desa Cikurubuk memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografi, wilayah Desa Cikurubuk memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa lereng. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 436 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Cikurubuk terbagi ke dalam dua dusun yaitu Dusun Cikurubuk dan Dusun Cilumping. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganga masing-masing 6 RW dan 25 RT. Secara geografis, wilayah Desa Cikurubuk dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Citaleus dan Desa Hariang di sebelah utara, Desa Bojongloa di sebelah timur, Desa Padasari Kecamatan Cimalaka di sebelah selatan, serta Desa Boros Kecamatan Tanjungkerta di sebelah baratnya.

Berdasarkan data Profil Desa Se-Kecamatan Buahdua tahun 2013, Desa Cikurubuk memiliki luas wilayah sebesar 630,80 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian, pemukiman, lahan kehutanan dan penggunaan lainnya. Luas lahan pertanian di Desa Cikurubuk sebesar 63,60 persen atau sekitar 401,19 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu jenis pertanian lahan basah dan pertanian kering. Luas lahan pertanian basah atau pesawahannya sendiri mencapai 26,98 persen atau sekitar 170,19 hektar, dan luas lahan pertanian keringnya (termasuk ladang dan huma) sebesar 36,62 persen atau sekitar 231 hektar. Yang digunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan sendiri mencapai luasan 36,40 persen atau 230,87 hektar.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cikurubuk dihuni oleh penduduk sebanyak 2.299 orang. Dengan komposisi sebagai berikut: 1.152 orang berjenis kelamin laki-laki dan 1.147 orang berjenis kelami perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 637 KK. Kepadatan penduduk Desa Cikurubuk sebesar 364,34 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagian besar penduduk Desa Cikurubuk bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun sebagai buruh tani. Sebagian kecil lainnya bergelut di bidang transportasi, perdagangan, konstruksi dan jasa. Dengan penggunaan lahan yang mayoritas sebagai lahan pertanian, tidak mengherankan jikan sebagian besar penduduk Desa Cikurubuk bekerja di sektor pertanian.

Lahan pesawahan di Desa Cikurubuk merupakan lahan pesawahan yang menggunakan sistem pengairan non-teknis, menghasilkan produk utama berupa padi. Selain menghasilkan padi, lahan pertanian di Desa Cikurubuk juga menghasilkan produk berupa jagung, ubi kayu, kacang panjang, cabai rawit, tomat, dan terung. Sementara haril pertanian dari jenis buah-buahan adalah alpukat, mangga, pisang, dan petai. Selain hasil pertanian secara langsung, ada juga yang diolah terlebih dahulu menjadi makanan olahan. Ada beberapa jenis industri rumah tangga yang mengolah bahan makanan menjadi makanan olahan. Selain industri makanan, ada juga industri yang bergerak di bidang perkayuan (pengolahan kayu).

Bidang seni budaya, di Desa Cikurubuk ada beberapa jenis kesenian tradisional yang masih dipelihara masyarakatnya. Salah satu diantaranya adalah seni kuda renggong. Sebagai kesenian tradisional yang berasal dari daerah Cikurubuk, seni kuda renggong masih dipelihara dengan baik.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang dan Desa Cikurubuk)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 09 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang