Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Jalan 11 April No. 09 Desa Cibubuan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan besar
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati Angkutan Umum

Desa Cibubuan merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. Lokasinya berada di bagian barat laut wilayah Kecamatan Conggeang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu dan Kecamatan Buahdua. Jaraknya dengan pusat Kecamatan Conggeang sekitar lima kilometer.

Desa Cibubuan erat kaitannya dengan sejarah perjuangan melawan penjajah Belanda. Pada tanggal 11 april 1949 di wilayah Desa Cibubuan terjadi pertempuran yang sengit antara pasukan TNI melawan tentara Belanda. Akibat dari pertempuran ini adalah gugurnya Danyon II Tarumanagara Mayor Abdurahman beserta beberapa prajurit lainnya. Jenazah yang gugur akhirnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Cibubuan. Untuk mengenang peristiwa tersebut, tanggal 11 April dijadikan nama jalan di Desa Cibubuan.

Berdasarkan data BPS tentang Kecamatan Conggeang dalam Angka tahun 2014, Desa Cibubuan memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis, Desa Cibubuan memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa dataran. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 287 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Cibubuan dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Gendereh Kecamatan Buahdua dan Kabupaten Indramayu di sebelah utara, Desa Karanglayung di sebelah timur, Desa Sekarwangi dan Desa Cilangkap (keduanya berada di Kecamatan Buahdua) di sebelah selatan, serta Desa Cilangkap, Desa Nagrak, Desa Panyindangan dan Desa Gendereh (semuanya berada di Kecamatan Buahdua) di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cibubuan terbagi ke dalam empat dusun yaitu Dusun Ciledre, Dusun Cibapa, Dusun Cibubuan dan Dusun Sampora. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah enam RW dan 20 RT.

Masih berdasarkan sumber data yang sama, luas wilayah keseluruhan Desa Cibubuan sebesar 10,38 kilometer persegi. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian, dan lahan non-pertanian. Luas lahan pertaniannya sebesar 9,93 kilometer persegi. Luas lahan pertanian tersebut terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian bukan sawah. Luas lahan pesawahannya sebesar 3,85 kilometer persegi yang terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan sistem penagirannya. Luas pesawahan yang menggunakan sistem pengairan irigasi seluas 0,9 kilometer persegi sementara sisanya, 2,95 kilometer persegi tidak menggunakan sistem pengairan irigasi. Luas pertanian yang bukan pesawahan seluas 6,08 kilometer persegi. Sisanya seluas 0,45 kilometer persegi dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan pemukiman dan pekarangan, lahan pekuburan dan fasilitas umum.

Untuk jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cibubuan, pada tahun 2013 berjumlah 2.040 orang. Dengan komposisi sebanyak 1.022 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.018 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 799 KK. Kepadatan penduduk Desa Cibubuan sebesar 197 orang untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

Dengan penggunaan lahan yang difungsikan sebagai lahan pertanian, sebagian besar penduduk Desa Cibubuan bergerak di bidang pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Lahan pesawahannya menghasilkan produk utama berupa padi.

(Sumber: BPS Kabupaten Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 14 Juni 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang