Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Jalan raya Bandung - Garut. di daerah Cicalengka belok ke arah utara

Curug Sindulang merupakan salah satu curug yang terkenal di wilayah Jawa Barat. Selain karena termasuk kategori curug yang tinggi dengan ketinggian sekitar 50 meter, juga curugnya bertipe ganda. Ada dua curug kembar berdampingan yang tinggi dan deras airnya sama. Letak curug ini berada di perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung. Walau demikian, secara administratif Curug Sindulang terletak di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Curug yang juga dikenal dengan nama Cinulang ini tercipta karena proses patahan bumi yang mematahkan Sungai Citarik. Sungai Citarik sendiri memiliki 24 mata air yang berhulu dari Gunung Kareumbi. Warga sekitar percaya jika musim kemarau tiba, Sungai Citarik tidak akan pernah surut dan tetap akan melimpah karena memiliki 24 mata air tersebut, dan airnya tetap jernih dan segar. Bahkan ada yang meyakini bahwa air curug ini membawa berkah bagi kesehatan.

Selain menawarkan kondisi air terjun yang segar dan jernih, pemandangan alami seputar curug juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ditambah lagi dengan udara yang masih alami serta suara air curug yang terjun bebas di atas bebatuan.

Berkaitan dengan nama curug ini sendiri, menurut informasi yang disajikan oleh Tribunnews.com, rangkaian kata Curug Sindulang memiliki tiga arti. Kata pertama Curug yang berarti air terjun. Kedua Sin yang berasal dari kata Sindang Wangi, dahulu kala kawasan ini merupakan tempat pengolahan teh dari perkebunan yang terdapat di Jatinangor dan sekitarnya, sejak zaman Belanda dan Jepang pengolahan teh ini diberi nama Sindang Wangi. Kata ketiga yakni Dulang, warga setempat menamakan dulang tempat penampungan air yang terjun. Dulang ini membentuk kubangan-kubangan air yang cukup dalam dan dalam bahasa Sunda disebut leuwi. Ada lima leuwi yang ada yakni leuwi bulan, leuwi kacapi, leuwi pariuk, leuwi sawer, dan leuwi cinyawar.

Untuk mengakses curug ini terbilang sangat mudah karena dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Terutama dari arah Cicalengka. Dari jalan utama Bandung-Garut, saat memasuki Kilometer 11, daerah Cicalengka mengambil jalur kiri ketika ada plang penunjuk arah wisata Curug Cinulang (tepatnya di persimpangan Desa Cikopo). Dari papan penunjuk jalan tersebut, maju sekitar 3 kilometer ke arah timur menuju pintu gerbang masuk. Perjalanan ke Curug Cinulang masih sangat asri. Berbelok-belok tapi masih dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Tarif masuk ke dalam taman wisata ini sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Bagi yang membawa kendaraan bermotor disediakan lapangan parkir yang dengan tarif Rp 2.000 hingga Rp 5.000 untuk 1 kendaraan. Selain parkir kendaraan, fasilitas yang ada di lokasi Curug Sindulang antara lain toilet dan beberapa warung-warung penjaja makanan dan minuman serta aksesoris.

(Sumber foto Wisata Alam)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 13 November 2014

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang