Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Dusun Pojok Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di balik bukit Seke, antara Bukit Seke dan Bukit Cikamuning
  2. Diakses menggunakan jalan setapak dari wilayah Dusun Cikamuning
  3. Tidak terlalu jauh dari kawasan Cadas Pangeran

Curug Seke merupakan sebuah curug atau air terjun yang berada di wilayah Kecamatan Pamulihan. Lokasinya berada di perbatasan bagian utara antara Desa Cimarias dan Desa Cinanggerang Kecamatan Pamulihan, di kaki Gunung Kareumbi bagian utara dan cukup dekat dengan kawasan Cadas Pangeran.

Curug Seke ini berada di tempat yang cukup tersembunyi karena berlokasi di pojok antara dua bukit dengan akses yang cukup sulit. Dua bukit yang mengapitnya adalah Bukit Seke di sebelah barat dan Bukit Cikamuning di sebelah timurnya. Selain bernama Curug Seke, ada juga yang menyebutnya sebagai Air Terjun Pelangi dikarenakan pengunjung bisa melihat pelangi diantara percikan air terjunnya.

Saat ini Curug Seke belum dikelola menjadi lokasi tujuan wisata. Hanya wisatawan lokal dari golongan anak muda saja yang sering mengunjunginya atau pengunjung dari luar yang menyukai hobi travelling. Kawasan Curug Seke ini menyajikan pemandangan yang indah ditambah dengan suasana yang masih asri serta alami dengan gemercik air yang jernih.

Curug Seke ini berlokasi di wilayah dengan ketinggian elevasi sekitar 700 meter dari atas permukaan laut. Sementara ketinggian air terjun Curug Seke ini sekitar 20 meteran. Di bawah curugnya masih banyak bebatuan berukuran besar.

Untuk aksesnya, pengunjung harus melalui jalan setapak melewati lahan pertanian, mulai dari lahan pesawahan, perkebunan dan lahan ladang. Aksesnya bisa menggunakan jalur Dusun Pojok Desa Cimarias yang terletak di sebelah barat Curug Seke atau menggunakan jalur Dusun Cikamuning Desa Cinanggerang yang berada di sebelah timur Curug Seke. Untuk jalur termudah atau terdekat, gunakan jalur Cikamuning. Jaraknya dari perkampungan penduduk sekitar 500 meter.

Berdasarkan informasi, ke depannya pemerintah Desa Cimarias sudah memiliki rencana untuk menata dan mengelola Curug Seke ini. Sehingga bisa dijadikan tujuan wisata yang akan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 24 Januari 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang