Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di lereng Gunung Kareumbi bagian utara
  2. DI ujung selatan wilayah Desa Cimarias
  3. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua

Cekdam Pamulihan merupakan sebuah penampungan air berbentuk situ atau danau kecil yang berada di kawasan lereng Gunung Kareumbi bagian utara. Cekdam ini berada di bagian selatan wilayah Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan. Karena lokasinya ini, penampungan air ini dikenal dengan nama Cekdam Pamulihan.

Cekdam Pemulihan ini berlokasi di ketinggian lereng Gunung Kareumbi dengan ketinggian elevasi sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Melihat ketinggiannya, Cekdam ini berlokasi di wilayah yang lebih tinggi daripada kawasan perumahan penduduk khususnya di Desa Cimarias. Jika dilihat menggunakan Google Maps, Cekdam Pamulihan ini memiliki ukuran sebesar lapangan sepak bola atau sekitar 90 x 70 meter dengan kondisi penuh dengan air. Di bagian yang lebih atasnya atau sebelah tenggaranya ada danau yang lebih kecil berbentuk segitiga.

Berdasarkan informasi, cekdam ini memiliki fungsi sebagai sumber air untuk mengairi perkebunan dan pesawahan milik warga di bagian hilirnya, khususnya warga di Desa Cimarias. Jadi lebih kepada menampung air sebelum digunakan di wilayah yang lebih rendah. Tidak mengherankan jika di musim kemarau, kondisi air di Cekdam Pamulihan ini akan mengalami penurunan menjadi lebih sedikit.

Lokasi Cekdam Pamulihan ini dikelilingi oleh pepohonan serta rerumputan yang cukup tinggi. Sehingga jika dilihat dari luar, tidak akan terlihat ada danau atau situ di dalamnya. Dengan lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan, tidak mengherankan jika suasana di sekitar Cekdam Pamulihan ini cukup sejuk. Suasana sekelilingnya masih asri dan jauh dari kegaduhan serta keramaian.

Saat ini, Cekdam Pamulihan ini menyandang nama yang baru. Ada yang menamakan Cekdam Pamulihan ini dengan nama Danau Sunyaruri yang memiliki makna keheningan, sesuai dengan kondisi di lokasi Cekdam Pamulihan ini yang benar-benar hening dan jauh keramaian orang-orang.

Cekdam Pamulihan ini bukanlah tujuan wisata. Hanya sedikit orang yang sengaja mengunjungi Cekdam Pamulihan ini. Pengunjungnya terbatas pada orang-orang yang penasaran mengenai Cekdam Pamulihan ini atau orang yang gemar travelling. Jalanan menuju ke lokasi Cekdam Pamulihan ini tidak terlalu besar, hanya bisa dilewati satu mobil saja. Biasanya pengunjung memarkir kendaraan di ujung perkampungan penduduk dan dilanjut dengan jalan kaki ke lokasi dengan jarak sekitar 600 meter.

Bagi yang merasa penasaran dengan kondisi atau suasana Cekdam Pamulihan, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk berkunjung. Untuk berkunjung ke lokasi ini bisa diakses menggunakan jalan raya Sumedang - Bandung. Titik belok ke lokasinya bisa melalui pintu masuk ke Perkebunan Cinanggerang setelah Cadas Pangeran. Jalan ini akan menuju ke wilayah Desa Cimarias. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke Cekdam Pamulihan sekitar empat kilometer dengan kondisi menanjak.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 31 Januari 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang