Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Kampung Parakan Kondang Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di Kampung Parakan Kondang Desa Kadujaya
  2. Bisa diakses menggunakan kendaraa roda dua maupun roda empat
  3. Tidak dilewati angkutan umum secara langsung

Bumi perkemahan atau buper Parakan Kondang berada di wilayah Kampung Parakan Kondang Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede. Lokasi bumi perkemahan ini berada di sebelah barat kawasan kampung tersebut, dan berada dekat dengan aliran Sungai Cimanuk. Buper ini dikelola oleh Koperasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Parakan Kondang yang memang masih berada di satu kawasan Kampung Parakan Kondang.

Sebagai bumi perkemahan, lokasi ini biasa digunakan sebagai lokasi untuk berkemah bagi anggota pramuka, baik yang berasal dari lokal Jatigede maupun luar wilayah. Jadi yang menggunakan bumi perkembahan Parakan Kondang bukan hanya anggota pramuka yang berada di sekitaran Jatigede saja, namun dari luar wilayah Jatigede juga biasa menggunakannya. Bahkan beberapa sekolah yang berasal dari wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu juga pernah ada yang melakukan jambore atau perkemahan di buper Parakan Kondang ini.

Bumi perkemahan Parakan Kondang sangat cocok menjadi tempat perkemahan karena didukung dengan kondisi alamnya. Lokasi utamanya berupa tanah datar dan lapangan yang luas yang dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Lapangan yang luas seukuran lapangan sepak bola yang bisa digunakan juga untuk bermain atau bertanding sepak bola. Bagian selatannya merupakan kawasan perbukitan dan di sebelah barat serta utaranya merupakan aliran Sungai Cimanuk. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk melakukan pendidikan fisik dan mental peserta perkemahan.

Bumi perkemahan Parakan Kondang ini berada pada ketinggian atau titik elevasi 120 meter di atas permukaan laut. Posisinya berada di sebelah utara atau sebelah hilir bendungan Jatigede. Selain menjadi tempat perkemahan, lokasi ini juga biasa digunakan sebagai lokasi awal atau persiapan arung jeram (rafting) Parakan Kondang.

Sebagai lokasi perkemahan, buper Parakan Kondang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas yang sudah ada di sini diantaranya sarana sanitari (MCK), gazebo, areal parkir, mushola dan warung. Untuk masuk ke kawasan buper untuk berkemah ini pengunjung dikenakan biaya yang sangat murah sekitar Rp 1.500/orang, bahkan ada yang menyebutkan seikhlasnya.

Untuk akses ke bumi perkemahan Parakan Kondang ini cukup mudah. Jalan yang harus dilaluinya sudah bagus, dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalan yang paling mudah menggunakan jalur Tolengas - Jatigede yang dilanjutkan ke Parakan Kondang. Dari Tolengas ke Jatigede ada angkutan pedesaan dengan jumlah armada yang terbatas.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 03 April 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang