Logo Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja

Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja

Akses Lokasi

Keterangan:
  1. Berlokasi di pinggir jalan desa
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Suka ? Like & Share

Sekilas Kontak

Pemilik/Pengelola

Kwartir Ranting Kecamatan Wado

Berdiri

2008

Alamat Lengkap

Dusun Sukanyiru Desa Sukajadi Kecamatan Wado


Lokasi

Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja merupakan sebuah bumi perkemahan yang berlokasi di Dusun Sukanyiru Desa Sukajadi Kecamatan Wado. Bumi perkemahan ini biasa digunakan sebagai tempat acara jambore tingkat Kecamatan Wado yang diakui secara resmi dengan status tanahnya merupakan hak miliki Kwartir Ranting Kecamatan Wado. Jadi, dalam pelaksanaan acara Jamborenya tidak perlu mencari tempat dan tidak perlu berpindah-pindah.

Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja ini telah diremsikan penggunaannya secara langsung oleh Bupati Sumedang saat itu. Peresmiaanya bertepatan dengan dilangsungkannya acara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-48 tingkat Kabupaten Sumedang pada tahun 2009. Buper ini biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Jambore Ranting (Jamran) yang biasa dilaksanakan satu tahun satu kali yang menampilkan teknik kepramukaan, keterampilan, ketangkasan, seni dan olahraga serta sebagai ajang evaluasi dari hasil pembinaan di gugus depan.

Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja ini menggunakan luas lahan 3 hektar. Biaya yang digunakan untuk mendapatkan lahan ini merupakan hasil iuran para tokoh yang peduli terhadap gerakan pramuka. Tokoh-tokoh pramuka seperti kepala sekolah, sejak tahun 1970-an mengumpulkan iuran secara periodik. Dan akhirnyaperjuangan tokoh Pramuka di Kecamatan Wado ini berhasil mendapatkan 1 lahan representatif untuk kegiatan kepramukaan.

Ketika tidak digunakan untuk kegiatan Pramuka, lahan Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja ini digunakan oleh warga sekitar untuk dikelola. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lahan tidur. Warga sekitar Bumi Perkemahan Buana Bakti Praja dipersilakan untuk mengelola lahan di Bumi Perkemahan.

(Sumber: Sumedang Online)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 17 Mei 2016

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang