Sekilas Kontak

Berdiri

9 Januari 1995

Alamat Lengkap

Jl. Raya Situraja No. 257 Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja

Web Site

BMT AL-AMANAH SUMEDANG

Akun Facebook

Bmt Al-Amanah Sumedang


Lokasi


Akses Lokasi
  1. Berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Bandung dengan Wado
  2. Bisa diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat
  3. Dilewati Angkutan Umum Sumedang - Corenda dan Angkutan Umum Antar Kota Sumedang - Jakarta

BMT Al-Amanah merupakan sebuah lembaga Baitul Maal wa Tamwil yang berpusat di daerah Situraja tepatnya di Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja. Sebagai sebuah BMT, Al-Amanah bergerak sebagai sebuah lembaga keuangan mikro syari’ah yang melayani usaha mikro masyarakat (anggota). BMT Al-Amanah memiliki jenis usaha sebagai JKS (Jasa Keuangan Syari'ah).

Berdasarkan sejarahnya, BMT Al-Amanah didirikan sebagai bentuk keprihatinan para pendiri atas kondisi ekonomi mikro di wilayah Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang pada saat itu. Dimana pada saat itu, sekitar tahun 1994, para pengusaha mikro sering terjerat oleh para lintah darat. Banyak pengusaha mikro tidak memiliki akses ke perbankan atau lembaga keuangan formal lain sehingga lintah darat menjadi alternatif pilihan bagi mereka dalam mendapatkan modal usaha. Dengan modal awal Rp 1 juta yang berasal dari pada tanggal 9 Januari 1995, Drs. Agus Hermawan beserta dua rekannya mulai menggelindingkan konsep BMT di lingkungan masyarakat Situraja. Hal ini diambil setelah beliau mengikuti pelatihan tentang pendirian lembaga keuangan mikro berbasis syari'ah yang dilaksanakan di kota Semarang yang diadakan oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika Jakarta (kini Baznas DD Republika). Kemudian beliau magang di BPRS Mentari Garut.

Untuk memperkuat modal awal yang berasal dari Yayasan Dompet Dhuafa Republika Jakarta, BMT Al-Amanah bekerja sama dengan Pondok Pesantren Miftahussalam di Desa Sukatali untuk menghimpun simpanan pokok dan simpanan wajib yang berasal dari jamaah pengajian.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan BMT Al-Amanah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Kepercayaan masyarakat bertambah yang dibuktikan dengan bertambah banyaknya masyarakat yang bergabung menjadi anggota. Begitu juga dengan lembaga keuangan baik perbankan maupun non-perbankan yang menaruh kepercayaan kepada BMT Al-Amanah dengan cara memberikan fasilitas pembiayaan seperti PT. PNM Cabang Bandung, BSM Cabang Bandung, Bank Jabar Syari'ah, Induk Koperasi Syari'ah PNM-BMT, PT. Bisma dan Kementerian Koperasi.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi anggota atau nasabah BMT Al-Amanah, bisa langsung menghubungi atau mendatangi kantor BMT Al-Amanah yang terletak di Jalan Raya Situraja No. 257.

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BMT Al-Amanah Sumedang)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 01 Mei 2016

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang