Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Terminal Wado


Lokasi


Akses Lokasi

Angkutan umum perkotaan atau Angkot 24 merupakan salah satu sarana angkutan umum lokal di wilayah Kabupaten Sumedang. Angkot 24 ini melayani trayek Terminal Rancamulya - Wado dan sebaliknya. Jalur yang dilewati Angkot 24 ini adalah jalan propinsi yang menghubungkan Sumedang - Malangbong Garut.

Angkot 24 ini menjadi penghubung lalu lintas angkutan antara wilayah Kecamatan Wado dan sekitarnya dengan wilayah kota Sumedang. Pemberhentian dan keberangkatannya Angkot ini terletak di Terminal Wado. Sementara untuk titik awal dan pemberhentian Angkot 24 di kota Sumedang berada di Terminal Rancamulya. Walau demikian, kebanyakan Angkot ini ngetemnya di wilayah Bundaran Alamsari.

Angkot 24 ini melintasi enam wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Wado, Kecamatan Darmaraja, Kecamatan Cisitu, Kecamatan Situraja, Kecamatan Ganeas dan Kecamatan Sumedang Utara. Jalur jalan yang dilalui oleh Angkot 24 ini baik ketika menuju ke kota Sumedang maupun dari kota Sumedang, menggunakan jalan yang sama yaitu jalan propinsi yang menghubungkan kota Sumedang dengan Wado. Ketika berangka dari Sumedang ke Wado, jalur jalan yang dilaluinya bunderan Alamsari - Jalan Prabu Tadjimalela - Cikoneng - Ganeas - Sukatali - Cicapar - Situraja - Warung Ketan - Warung Limus - Malingping - Dustan - Corenda - Kasongambang - Bakom - Nanggerang - Cikawung - Cikeusi - Cileuweung - Darmaraja - Lingkar Cikareo - Terminal Wado. Dan ketika berada pada jalur Wado - Sumedang, jalur yang dilaluinya adalah Terminal Wado - Lingkar Cikareo - Darmaraja - Cileuweung - Cikeusi - Cikawung - Nanggerang - Bakom - Kasongambang - Corenda - Malingping - Warung Limus - Warung Ketan - Situraja - Sukatali - Ganeas - Cikoneng - Sumedang.

Kendaraan yang menjadi Angkot 24 bisa dibedakan dari ciri-cirinya seperti kombinasi warna yang menghiasi badan kendaraannya. Kombinasi warnanya setidaknya ada tiga warna yaitu atap kendaraannya sampai ke tengah berwarna putih, kemudian bagian tengah kendaraan berwarna merah dan bagian bawahnya berwarna cokelat. Tak ketinggalan juga penanda nomor trayeknya yaitu 24 dengan opsional tulisan trayeknya seperti Terminal Ciakar - Wado atau Wado - Terminal Ciakar.

(Sumber: dari berbagai sumber)

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 12 September 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang