Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Terminal Ciakar Sumedang Utara


Lokasi


Akses Lokasi

Angkutan umum perkotaan atau Angkot 04 merupakan salah satu sarana angkutan umum lintas kabupaten yang megnhubungkan wilayah Kabupaten Sumedang dengan wilayah Kabupaten Bandung. Angkot 04 ini melayani trayek Sumedang - Cileunyi dan sebaliknya, Cileunyi - Sumedang. Jalur yang dilewati Angkot 04 ini adalah jalan nasional yang menghubungkan Bandung - Sumedang.

Angkot 04 menjadi penghubung lalu lintas antara wilayah Cileunyi yang berada di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dengan wilayah kota Sumedang. Titik pemberangkatan dan pemberhentian di wilayah Cileunyi yaitu di Terminal Cileunyi. Sementara untuk pemberangkatan dan pemberhentian Angkot 04 ini di wilayah kota Sumedang berdasarkan data Jalan-jalan Indonesia, berlokasi di Terminal Ciakar. Dengan demikian, Angkot 04 ini bisa digunakan sebagai alat transportasi bagi pengguna yang berasal dari dan ke wilayah Cileunyi, Jatinangor, Tanjungsari, Pamulihan dan Sumedang Selatan.

Walau titik pemberangkatan dan pemberhentiannya di Terminal Ciakar, sebenarnya Angkot 04 ini tidak melewati jalur ke Terminal Ciakar. Jalur yang dilewati Angkot 04 ini di wilayah kota Sumedangnya hanya berputar di bagian tengah dan selatan wilayah kota saja dengan pemberhentiannya di Terminal Rancamulya atau bisa di Sub Terminal Ketib.

Ketika tujuan Sumedang maupun Cileunyi, jalur jalan yang digunakannya hampir sama. Yang membedakannya adalah jalur jalan di kota Sumedangnya saja. Ketika berada di jalur Cileunyi - Sumedang, jalur yang dilewatinya adalah jalan nasional Cileunyi - Sumedang - Alun-alun Sumedang - Jalan Prabu Geusan Ulun - Taman Endog - Jalan Panyingkiran - Perempatan Ojolali - Jalan Tampomas - Sub Terminal Ketib. Dan ketika berada di jalur Sumedang - Cileunyi, maka jalur yang dilewatinya adalah Sub Terminal Ketib - Jalan Sopian Iskandar - Jalan Cipadung - Alun-alun Tegalkalong - Jalan Talun - Jalan Kebonkol - Jalan Cut Nyak Dien - Bunderan Binokasih - jalan nasional Sumedang - Cileunyi.

Kendaraan yang menjadi Angkot 04 bisa dibedakan dari ciri-cirinya seperti kombinasi warna yang menghiasi badan kendaraannya. Kombinasi warnanya setidaknya ada tiga warna yaitu atap kendaraannya berwarna putih, kemudian bagian atas kendaraan di bawah atap berwarna cokelat dan bagian bawahnya berwarna merah. Tak ketinggalan juga penanda nomor trayeknya yaitu 04 dengan opsional tulisan trayeknya seperti Sumedang - Cileunyi atau Terminal Ciakar - Cileunyi.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 20 Mei 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang