Sekilas Kontak

Alamat Lengkap

Terminal Tolengas


Lokasi


Akses Lokasi

Angkutan umum perkotaan atau Angkot 02 merupakan salah satu sarana angkutan umum lokal di wilayah Kabupaten Sumedang. Angkot 02 ini melayani trayek Sumedang - Tolengas dan sebaliknya, Tolengas - Sumedang. Jalur yang dilewati Angkot 02 ini adalah jalan nasional yang menghubungkan Majalengka - Sumedang.

Angkot 02 menjadi penghubung lalu lintas antara wilayah Kecamatan Tomo dan sekitarnya dengan wilayah kota Sumedang. Walau pemberhentian dan keberangkatannya di wilayah Tolengas atau Terminal Tolengas, namun Angkot 02 ini bisa sampai ke wilayah Kadipaten di Kabupaten Majalengka. Sementara untuk titik awal dan pemberhentian Angkot 02 di kota Sumedang berada di Terminal Ciakar.

Angkot 02 ini melintasi empat wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Tomo, Kecamatan Paseh, Kecamatan Cimalaka dan Kecamatan Sumedang Utara. Walaupun trayeknya pergi-pulang antara Tolengas - Sumedang, namun jalur yang dilewatinya ada perbedaan, khususnya di wilayah perkotaan Sumedang. Jalur jalan yang dilewati ketika berada di trayek Sumedang - Tolengas lebih jauh karena melewati kawasan perkotaan terlebih dahulu, sementara ketika berada di trayek Tolengas - Sumedang lebih cepat karena hanya melewati jalan baypass.

Ketika Angkot 02 berada di jalur Sumedang - Tolengas, wilayah-wilayah yang terlewatinya adalah Terminal Ciakar - Perempatan Bojong - Karapyak (Tugu Tahu) - Perempatan Nalegong - Kutamaya - Taman Endog - Perempatan Ojolali - Bunderan Alamsari - Cimuja - Cimalaka - Cibeureum - Pertigaan Legok - Paseh - Pertigaan Cijelag - Tolengas. Sementara ketika Angkot 02 berada di jalur Tolengas - Sumedang, jalur jalan yang dilewatinya adalah dari Tolengas - Pertigaan Cijelag - Paseh - Pertigaan Legok - Cimalaka - Cimuja - Bunderan Alamsari - Baypass - Terminal Ciakar.

Kendaraan yang menjadi Angkot 02 bisa dibedakan dari ciri-cirinya seperti kombinasi warna yang menghiasi badan kendaraannya. Kombinasi warnanya setidaknya ada tiga warna yaitu atap kendaraannya berwarna putih, kemudian bagian atas kendaraan di bawah atap berwarna cokelat dan bagian bawahnya berwarna biru. Tak ketinggalan juga penanda nomor trayeknya yaitu 02 dengan opsional tulisan trayeknya seperti Sumedang - Tolengas atau Terminal Ciakar - Tolengas.

Penulis

Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin'

Diterbitkan pada 15 Mei 2019

Sharing

Detail Kontak

Komentar

Pemberitahuan!

Silakan lengkapi data komentar Anda...

Iklan Sumedang

Media Sosial

Grup Facebook Counting...
Grup Sumedang Tandang
Fan Page Facebook Counting...
@sutanyangka
Akun Facebook Counting...
@sumedang.tandang.7
Instagram Counting...
@sumedang.tandang
Twitter Counting...
@sumedangtandang
Google Plus Counting...
+SumedangTandangsumedangtandang