Blog

Pembentukan Kecamatan Ujungjaya dan Cimanggung

Gambar User Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Dipublikasikan: 02 November 2016, Diubah:
Photo

Pada tahun 1986, Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan tentang Pembentukan Kecamatan Cimanggung dan Ujungjaya bersama sebelas kecamatan lainnya di propinsi Jawa Barat. Peraturan Pemerintah RI dengan Nomor 35 Tahun 1986 tertanggal 21 Agustus 1986 ini menetapkan pembentukan Kecamatan Cimanggung sebagai pemekaran dari Kecamatan Cikeruh dan Kecamatan Ujungjaya sebagai pemekaran dari Kecamatan Tomo.

Dengan berlandaskan pada kondisi luas wilayah Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tomo yang besar, ditambah dengan jumlah penduduknya yang bertambah terus, pemerintah memandang perlu dilakukannya pemekaran wilayah kecamatan tersebut. Pemekaran wilayah kecamatan ini juga dimaksudkan untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pelayanan di bidang pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah ini Kecamatan Cikeruh dimekarkan menjadi dua wilayah yaitu Kecamatan Cikeruh dan Kecamatan Cimanggung. Wilayah pemekaran Kecamatan Cikeruh memiliki cakupan wilayah yang meliputi Desa Cimanggung, Desa Tegalmanggung, Desa Sindangpakuwon, Desa Sindanggalih, Desa Sindulang, Desa Mangunraga, Desa Sawahdadap, Desa Sukadana, Desa Cihanjuang, dan Desa Cikahuripan. Sementara Kecamatan Cikeruh meliputi wilayah Kecamatan Cikeruh sebelum pemekaran dikurangi wilayah Kecamatan Cimanggung. Berdasarkan hal ini, Kecamatan Cimanggung memiliki mencakup wilayah di bagian timur bekas Kecamatan Cikeruh. Sementara pusat pemerintahan Kecamatan Cimanggung berada di Desa Cimanggung.

Kecamatan berikutnya adalah Kecamatan Ujungjaya yang merupakan pemekaran Kecamatan Tomo. Sebelum menjadi kecamatan yang mandiri, Kecamatan Ujungjaya merupakan Perwakilan Kecamatan Tomo di Ujungjaya. Berdasarkan Peraturan Pemerintah ini, wilayah Kecamatan Ujungjaya meliputi wilayah Desa Ujungjaya, Desa Cibuluh, Desa Sukamulya, Desa Cipelang, Desa Sakurjaya, Desa Kudangwangi, Desa Palasari, Desa Kebon Cau dan Desa Palabuan. Dengan demikian, wilayah Kecamatan Tomo setelah pemekaran meliputi wilayah Kecamatan Tomo sebelum pemekaran dikurangi dengan wilayah Kecamatan Ujungjaya setelah pemekaran. Dengan demikian, wilayah Kecamatan Ujungjaya memiliki cakupan wilayah di bagian utara wilayah Kecamatan Tomo sebelum pemekaran. Sementara pusat pemerintahan Kecamatan Ujungjaya berpusat di Desa Ujungjaya.

(Sumber: Lembar Negara Republik Indonesia tahun 1986 Nomor 51)