Blog

Pembentukan Kecamatan Paseh Sumedang

Gambar User Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Dipublikasikan: 30 Oktober 2016, Diubah: 30 Oktober 2016
Photo

Pada awalnya, Kecamatan Paseh merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Conggeang. Dan sebelum menjadi kecamatan yang mandiri, Kecamatan Paseh menjadi Perwakilan Kecamatan Conggeang. Perubahan status ini ternyata menunjukkan hasil yang positif seperti semakin lancarnya tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di wilayah Perwakilan Kecamatan Conggeang di Paseh serta bertambahnya pusat-pusat perekonomian lokal. Melihat kondisi ini akhirnya pemerintah memutuskan untuk membentuk Kecamatan Paseh sebagai pemekaran Kecamatan Conggeang.

Pembentukan Kecamatan Paseh sebagai pemekaran Kecamatan Conggeang ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 1980. Peraturan tentang Pembentukan Kecamatan Paseh di Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang ini ditetapkan pada tanggal 5 November 1980 oleh Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, Soeharto.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut, Kecamatan Paseh memiliki cakupan wilayah meliputi Desa Bongkok, Desa Paseh, Desa Legok dan Desa Cijambe. Sementara pusat pemerintahan Kecamatan Paseh berlokasi di Paseh.

Pada awal berdirinya Kecamatan Paseh, wilayahnya hanya memiliki desa dengan jumlah empat desa. Namun kemudian dilakukan pemekaran desa menjadi delapan desa semenjak tahun 1982. Dan pada penataan wilayah Kecamatan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sumedang, Kecamatan Paseh memiliki tambahan dua desa yaitu Desa Citepok dan Desa Haurkuning yang sebelumnya termasuk wilayah Kecamatan Cimalaka.

(Sumber: Salinan Peraturan Pemerintah No. 38 tahun 1980)